eMo MusiK?????

>>EMO MUSIC<<


Emo merupakan jenis musik yang masih serumpun dengan punk. Emo sendiri banyak yang menyebutkan berasal dari kata emotion, emotional, atau emotive.

Emo atau emocore merupakan salah satu subgenre punk hardcore yang bermula pada penghujung tahun 1980-an. Band yang sering dikatakan mula-mula membawa genre ini adalah band hardcore Rites of Spring dan Embrace yang merupakan band-band dari scene DC.

Kemudiannya pada pertengahan 1990-an, istilah emo mula digunakan untuk merujuk scene indie yang terpengaruh dengan bunyi Fugazi. Band-band ini mempunyai bunyi emo yang berstail rock indie, lebih melodik dan kurang onar. Antara band-band awal dalam scene ini adalah Sunny Day Real Estate dan Texas Is The Reason.

Emo sering disalah labelkan untuk band-band mainstream seperti Bullets For My Valentine, Avenged Sevenfold dan sebagainya kerana mempunyai bunyian yang hampir serupa. Band-band seperti My Chemical Romance dan Fall Out Boy juga disalah ertikan sebagai emo kerana penampilan mereka iaitu mempunyai fashion dan stail rambut budak emo.

Di Malaysia, wujud emo rock, emo punk dan sebagainya walaupun sebenarnya genre itu tidak pernah wujud dalam scene emo yang sebenar. Sebenarnya cuma ada emo (emotive hardcore) dan satu bentuk emo yang lebih onar iaitu screamo. Emo rock dan emo punk mungkin wujud disebabkan pengaruh media dan salah faham seperti yang telah dinyatakan di atas.

Selain Story of The Year, band-band asing lainnya yang termasuk kategori beraliran emo yaitu Dashboard Confessional, Finch, The Used, Rufio, Thrice, Silverstein, Brand New, Early November, Good Charlotte, Funeral For A Friend, Matchbox Romance, All American Reject, Ataris, dll. Beberapa dari band tersebut ada yang tidak mau menyebutkan diri mereka sebagai

band beraliran emo, mereka lebih suka menyebutkan mereka hanya memainkan musik punk rock dengan sedikit sentuhan pop.

Emo identik dengan musik yang berlirik puitis, melankolis, berarti dalam, mengandung banyak kemarahan dan kesedihan tentang kematian, keinginan untuk bunuh diri, ditinggal kekasih, hidup yang susah atau tentang keluarga yang broken home. Lirik-lirik tadi biasanya disuarakan dengan teriakan yang keras, yang menggambarkan kesedihan mereka.

Band-band emo banyak menggunakan suara-suara gitar yang kompleks dalam lagu mereka, namun tidak jarang yang hanya menggunakan gitar akustik saja. Dibanding musik punk, musik emo seringkali lebih soft dan lambat, atau musik emo mirip dengan musik pop-punk namun sedikit lebih rumit. Ciri khas dari aliran ini yaitu teriakan atau growl yang keras dari vokalisnya untuk lebih mendapatkan soul emosional dari lagu yang mereka bawakan.

Ada juga yang menyebutkan emo kepanjangan dari emocore. Tapi emocore sendiri sebenarnya bisa dikatakan aliran yang berbeda dengan emo. Emocore merupakan campuran antara emopunk dan hardcore. Mungkin bisa disebut juga musik hardcore dengan lirik yang emosional. A Static Lulaby, Underoath, serta Saosin adalah sedikit dari banyak band yang beraliran emocore.

Dari segi musikalitas, sulit dibedakan antara musik emo dengan emocore. Bahkan jika didengar secara selintas, nyaris nggak ada beda. Jadi agak rancu juga menyebutkan perbedaan emo dengan emocore. Membedakan antara musik emo dengan punk rock juga cukup sulit, akibatnya orang seringkali menjadi bingung untuk membedakan antara emo, punk, dan hardcore. Hal ini dipersulit dengan kebiasaan beberapa band yang nggak hanya memainkan satu jenis musik saja, namun mereka sudah teranjur terikat dengan image suatu jenis musik yang biasa mereka mainkan. Maka bila band tersebut memainkan jenis musik yang berbeda maka tidak jarang orang menjadi bingung dan menganggap jenis musik yang mereka mainkan itu sama. Padahal, sah-sah saja kan bila satu band ingin berganti aliran.

Untuk ukuran lokal, yang banyak memainkan jenis musik emo ini adalah band-band indie, tapi ada beberapa band yang udah masuk major label yang musiknya kental dengan corak emo. Di Bandung, band atau grup musik yang mempunyai aliran dekat dengan emo contohnya adalah Bugskin Bugle, Alone At Last, juga Disconnected.

Emo saat ini sudah menjadi gaya hidup. Gaya anak-anak emo di Amerika disebut emo fag. Di Indonesia sendiri banyak anak muda yang meniru style band-band asing yang beraliran emo, mulai dari dandanan, gaya berpakaian, atau tingkah laku. Gaya anak emo merupakan campuran antara gothic, punk dan genre musik lainnya. Berpakaian ala punk, atau memakai kaos yang bertuliskan nama band, piercing, rambut spiffy dengan mata bermaskara, dan memakai eye liner hitam yang tebal. Untuk aksesori banyak juga yang memakai kacamata yang berframe plastik hitam.

39 thoughts on “eMo MusiK?????

  1. hina aku says:

    PBK!!!!!

    huh emo emo… ck ck

    aku rasa hanya trend sesaat di INdonesia..
    aku bisa prediksi..

    hahahhahaha
    beberapa emang emo tapi sisanya ngekor alias ngikut2j.. dulu emo ga ada apa2nya

    tapi semenjak banyak fashion emo yg keren2 muncul hahaha langsung booming..

    sama kayak boomingnya punk dulu hehehhehe

    aku ga ikut blok kiri ato kanan
    yg aku tau.. aku suk amusik scream…melo…puitisasi.. dll

    hm..

  2. rangga_ghost_water says:

    bnyg arti yg salah…

    a7x jg emo..

    karena berlirik ttg kesedihan spt lgu afterlife…

    trz MCR…
    sangat jelas EMO’y..
    bkan hanya dr pakaian…
    dr lirik jg udah ktawan..
    trz sangat emosional pembawaan’y…

    kalo sya menilai emo dr lirik,gaya,dan dandanan…
    that’s all..

    yg dk s7 bs krim komen friendster donkdotzzz@yahoo.com

    • InTaN says:

      kalo menurut gw sihh,, mcr itu alirannya punk-pop-rock..
      banyak org2 bilang mcr itu emo.
      tapi way-brothers bantah itu habis-habisan…
      mikey way pernah bilang gini
      “emo is doesn’t exist”

      materi referensi:
      klo yg mikey blg kya gtu gw tau dari majalah hai star terbitan januari 2008..

      emang sich, byk yg blg genre MCR tuh emo, tp tuh salah besar. emo tuh sesuatu yg laen, istilah ini cuma di pake utk strategi marketing aja ama label2 rekaman. soalnya dunia nu metal/heavy metal udah mulai redup. makanya dunia rock perlu sesuatu yg fresh…

      tp sebenernya ga penting sich tuh mo genre, klo kamu emang bener2 suka, nikmatin aja…

  3. aduh_aduh says:

    emo itu sbenernya kbradaan tuh msih dprtnyakan..
    cz emo tu bnyak definisi…dr style, music, stereotype lable..
    emo d indonesia cma pd ngikut smwa..bner tu kata hina…emo indonesia cma trend sesaat…
    mnrut aq c..emo tu msih dlm prkembngan?..emo kn ga msuk klmpok mainstream…dlm substream jgag msih dprtnyakan ko..
    jd…yahhh…dngan unsur “do it urself”…x ajja emo jd bneran kwujud..bkan cma jd lable, fashion, etc…
    tp bkal jd genre music yg baru…
    oh iaa…bnyak band yg dprtnyakan emo pa ga…mungkin…bnyak yg ga ngaku krn takut trlbat dgn paham org” yg anti emo?….ato mungkin band emo tu ndri ga ada?..
    emo still a question…

  4. aduh_aduh says:

    emm…da yg tw website yg ngjelasn ttg emo ga??..
    cz aq nyari d google n yahoo..yg klwar ttg fashion…AAGGHHHH!
    ohh iaa..yg pnya bnyak pngtahuan ttg emo ksi tw aq plz…
    cz aq gy pnasaran sma emo…bnyak pro kontranya…hho..slaen itu….aq trtarik sma paham emo yg bnyak dfnisinya……n msih tnda tnya…

  5. mona says:

    aku juga penasaran sama apa itu emo. tapi artikel di atas udah menjawab sebagian pertanyaanku. thanks yah ^^

    oh iya, kalo my chemical romance disebut sebagai emo, berarti aku suka musik2 emo. aku juga suka gaya mereka. meskipun ngga berani bergaya kaya mereka hehe. tapi aku suka ^^

    thanks buat infona yaa

  6. kareL says:

    bnyak ank2 muda di indonesia dh ikut2an style emo,pdhal mreka itu blum tntu tw ap itu emo,mreka hnya mgikuti tren n di anggap kren aja biar eksis….contohnya tren make baju2 band hardcore atw emocore,mreka ga tw band itu mreka make hnya krna ikut2an n w prnah nanya sma orang yang make kaos band cradle of filth dy gtw band itu,dy make krna prnah lyt di film realita cinta & rock n roll n kliatan kren ja………so w muak ma ank2 muda yg cma ikut2an,cma jd followers,,ga ngerti tp sok eksis

  7. kekok says:

    yang gw tau emo itu sbuah genre musik yang liriknya memiliki makna dengan perasaan yang mendalam. gabungan antara hardcore dengan punk dibarengi dengan teriakan/scream.
    …..”Tolong dech”..jgn sompral ada yang ngemeng mentang2 ”band emo indonesia kampungan dan bnyk dari mereka gak terkenal..
    mereka datang dari kampung ke kota, dari kota lalu ke seluruh dunia(amien..)buat nunjukin klo mereka itu bisa membawa nama band emo indonesia dan berusaha nunjukin klo mereka itu gak kalah dengan band emo dari luar.
    kita ini orang indonesia seharusnya kita bangga gak sepantasnya seperti itu..
    …’pajuin kek, dukung kek ato apa, atopun dengan bantuan moral juga yang bisa buat mereka lebih semangat..

  8. kekok says:

    yang gw tau emo itu sbuah genre musik yang liriknya memiliki makna dengan perasaan yang mendalam. gabungan antara hardcore dengan punk dibarengi dengan teriakan/scream.
    …..”Tolong dech”..jgn sompral ada yang ngemeng ”band emo indonesia kampung
    mereka datang dari kampung ke kota, dari kota lalu ke seluruh dunia(amien..)buat nunjukin klo mereka itu bisa membawa nama band emo indonesia dan berusaha nunjukin klo mereka itu gak kalah dengan band emo dari luar.
    kita ini orang indonesia seharusnya kita bangga gak sepantasnya seperti itu..
    …’pajuin kek, dukung kek ato apa, atopun dengan dukungan moral juga yang bisa buat mereka lebih semangat.. ok

  9. THEY SCRAMZ says:

    hwakakakakaka… bener2…

    sadar woyyyy…..

    youdontknowemo.tk
    emotivehardcore.com

    carilah pencerahan dari website diatas ….

  10. gembes emocore says:

    i like it band2 emo screamo seperti alesana,the devil wears prada,asking alexandria,eyes set to kill dan saosin.

  11. skramz says:

    EMO / SCREAMO CUMA JENIS GNRE MUSIK …
    SO GA USAH HUBUNGIN ANTARA SCENE MA EMO…

    THE REAL EMO BAND TW MACEM CIRCLE TAKES THE SQUARE , MOSS ICON , SAETIA , ECT

    COBA RUBAH PANDANGAN KALIAN ….
    MW LEBIH JELAS KE WEBSITE

    EMOTIVEHARDCORE.COM

  12. eNth says:

    ohhh i’ll kill all emo boy later..emo sucks…emo’s music is like a scum…please..follow me , ,say hello to satan,,and burn the crhistian !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s